Total Pageviews

2008/07/22

kawat gigi (orthodonti)

inspirasi hari ini,,,

pada tanggal satu juli saya resmi memakai kawat gigi yang permanen. berikut ini adalah step by step nya:

1. karena jasa pelayanan gigi yang saya gunakan adalah milik pemerintah, jadi pemesanan tempat harus dilakukan satu tahun sebelumnya. mengapa? karena harga yang ditawarkan bisa mencapai setengah harga pasar, maka banyak sekali yang antre untuk mendaftar.

2. akhir bulan juni saya di call oleh asisten dokter gigi.langkah pertama adalah pemasangan seperator pada gigi ke-3 dari belakang (atas dan bawah). separator adalah sejenis karet yang ukuran panjang dan lebarnya disesuaikan dengan ukuran gigi. separator ini bertugas memberi ruang pada gigi supaya pemasangan ring (cincin )akan lebih mudah. ring berfungsi untuk sebagai patokan atau penahan saat bracket dan kawat dipasang.

3. sebelum ke tahap pemasangan bracket, dilakukan pembersihan karang gigi terlebih dahulu untuk menjaga supaya tercipta kebersihan gigi yang maksimal sebelum dipasang bracket dan kawat penghubung.

4. setelah pemasangan separator menunjukkan hasilnya, maka dipasang ring. ring adalah sejenis cincin yang dipasang pada gigi sebagai patokan/penahan/pengikat.

5. ada 4 ring yang dipasang. 2 pada gigi bagian atas, 2 pada gigi bagian bawah. selanjutnya adalah pemasangan bracket. braket adalah bagian kotak yang di tempelkan pada gigi yang berfungsi sebagai jalur untuk kawat penghubung (seperti hal-nya rel untuk lintasan kereta api).

6. kawat penghubung di pasang setelah semua bracket tertempel pada gigi. jalur akhir kawat penghubung ada pada ring. di ring, kawat akan di cut. untuk memastikan kawat tetap menempel pada bracket, dipasang sejenis karet penahan. warna karet bervariasi dari merah sampai biru. yang digunakan pada gigi saya adalah karet yang bening.

7. selesailah proses orthodonti (kawat gigi). jenis sikat gigi yang digunakan untuk pasien orthodonti ada dua jenis. pertama adalah sikat gigi yang mirip dengan sikat gigi pada umumnya, namun bagian tengahnya agak menjorok ke dalam untuk memberi space pada bracket. kedua adalah sikat gigi yang digunakan untuk membersihkan sela-sela bracket.

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kalau2 kalian ingin memasang kawat gigi, diantaranya

a. rasa linu pada gigi yang bisa jadi tak tertahankan. ini disebabkan karena terjadi pergeseran posisi gigi. bisa dibilang gigi sedang dalam tahap "bergerak" ke posisi yang lebih rapi atau rapat. ini berarti akan sangat sakit kalau gigi dipaksa untuk mengunyah (hi...........). yah ini tidak berlangsung lama sih. misalnya saya yang pada minggu ke-dua sudah tidak tahan ingin mengunyah, akhirnya saya paksakan saja, walaupun konsekuensinya agak "berat".

b. karena poin a. di atas, maka makanan yang dianjurkan (untuk tetap hidup) adalah makanan yang lunak dan juice serta susu. ketiga jenis makanan ini adalah makanan yang tidak perlu dikunyah dan bisa langsung ditelan.

c. merujuk pada poin b, maka salah satu efek samping orthodonti adalah penurunan berat badan. ini sangat cocok bagi anda yang ingin mendapat 2 manfaat dalam satu waktu.dampak ini dikarenakan menurunnya nafsu makan karena perubahan drastis dalam pola makan (sebenarnya sangat tidak cocok untuk saya yang sudah dibilang "slim series" ini)

d. pemakaian kawat tergantung dari seberapa rumit kasus gigi yang anda miliki, mencapai kisaran 1-3 tahun.

e. supaya letak gigi anda rapi dan teratur, sangat memungkinkan terjadi pencabutan gigi yang dimaksudkan untuk memberi alokasi ruangan untuk gigi yang "bergerak". saya menjalani pencabutan gigi pada minggu kedua setelah pemasangan kawat.

f. biaya yang dibutuhkan kira2 total 5 juta rupiah (termasuk biaya kontrol, cabut gigi, dll). dengan nilai yang semakin naik dari waktu ke waktu.


hmmmm, bagaimana? tertarik untuk mencoba?

nb: moei, aku tidak tau kalo sebenarnya kamu punya gigi di balik gigi^_^


2 comments:

ummul said...

kawat gigi?

owh...

http://ummul-orthodonti.blogspot.com/

Anonymous said...

aku baru pasang kawat ortho sekitar a hari yg lalu nih jd masih sakit bgt buat ngunyah makanan. kira2 berapa lama ya penderitaan ini berakhir?cz aku ini hobi bgt makan hehe...