Total Pageviews

2008/12/05

ice skating


ini adalah salah satu dokumentasi saat saya dan 2 ajudan pergi mengunjungi arena ice skating di istana plaza, pajajaran. tanoshikatta desu. very enjoyable amusing.

memang sudah menjadi suatu kebiasaan saya untuk mencoba olahraga yang agak tidak biasa, salah satunya "nyeketing" ini. apalagi setelah nonton dorama pride yang dibintangi takuya kimura, makin ingin saya mencoba yang satu ini.

ice skating adalah salah satu olahraga yang menyedot uang, selain berenang dan berkuda serta memanah. karena itu, sebelum pergi ke IP, terlebih dahulu saya mencari informasi mengenai tiket masuk, sewa sepatu dan pelatih (coach).

ada beberapa informasi yang saya dapatkan, diantaranya harga tiket masuk untuk siang hari/ peak time 13:00-17:00 untuk hari biasa adalah Rp. 27000, pukul 10:00-13:00 dan 17:00-22:00 adalah Rp. 15000. sedangkan untuk pelatih, gosipnya membayar 90 rb (mahal yak?). ada pengecualian yang akan selalu diincar oleh para peng-hemat seperti saya yaitu pada hari senin malam 18:00-22:00 biaya yang dipungut hanya 9000 rupiah untuk penyewaan sepatu saja. charge lain dihitung gratis.

maka berangkatlah kami bertiga ke IP pada pukul 18:30. waah, saat melihat arena skatenya, sungguh menyenangkan (hehehe, jadi ketawa2 sendiri mesem2). karena akhirnya kami bertiga menginjak arena skating walaupun usia kami sudah melewati 2o tahun hohohoho.

ternyata, boi! ta semudah mata memandang, saat memakai sepatu skate, sungguh tak bisa kami berdiri dengan benar. nbahkan saya harus digandeng oleh teman saya supaya bisa melangkah dari tempat penyewaan sepatu ke arena ice -nya. hampir2 jatuh. ternyata memakai sepatu skate sungguh mengerikan. bagaikan berdiri diatas pisau. bagi saya yang baru pertama kali memakai, sungguh sulit menyesuaikan keseimbangan, bahkan di lantai yang beralas karet.

setelah melalui 5 meter yang bagaikan 100 meter, akhirnya kami sampai di lapisan esnya. OH MY GOD, ternyata arena es lebih MENGERIKAN dibanding lantai beralas karet!!! saya harus berpegangan dengan gemetar di tempat pegangan tangan yang terletak di sepanjang sisi arena es tersebut dan masih berkali-kali hampir jatuh.

alhamdulillah di sama ada mbak2 yang sudah terlatih dan bersedia untuk mengajari kami basic dari ice skating. tapi tetap saja saya tidak dapat melepaskan tangan dari pegangan karena takut jatuh.

untuk kalian yang baru pertama kali terjun ke es, maka langkah pertama adalah latihan berjalan sambil berpegangan pada pegangan. latihan berjalan ini adalah merapatkan kaki sambil digerak2an ke atas dan ke bawah secara bergantian. ini dlakukan sebagai tahap awal sebelum kita berjalan tanpa berpegangan. ada satu hal yang perlu dicermati dari olahraga ini yakni prinsipnya sama dengan rollerblade, sepeda dan motor. keseimbangan dan keberanian untuk jatuh. hal inilah yang menjadi hambatan diawal latihan, karena kita pasti merasa takut jatuh, takut sakit, malu dsb. tapi percayalah, boi, kalau kau ingin meninggalkan ketakutanmu di atas es, jatuhlah dulu untuk yang pertama kali dan selanjutnya kau takkan merasa khawatir lagi.


ada beberapa tips latihan skating yang layak untuk dicoba, diantaranya:

1. saat merasa akan jatuh, cepat2 pegang kedua lutut. niscaya kalian takkan jatuh
2. seandainya ingin merasakan jatuh, jatuhlah dengan bokong sebagai bantalan. maka alangkah baiknya jika nanti memcoba ice skating, pakailah celna jeans yang tebal, kalau perlu pakailah rok tambahan seperti yang saya kenakan diatas. ini juga berfungsi untuk mencegah memar dan basah kalau kita sering terjatuh.
3. saat kita sudah berani (harus berani!!!!) untuk menjauhkan diri dari pegangan, bungkukanlah badan saat berjalan atau meluncur. ini untuk mencegah frekuensi jatuh kebelakang dan memudahkan saat kita hendak memegang kedua lutut.


setelah tahap berjalan sembari berpegangan selesai, maka kita bisa mencoba berjalan melintasi arena. ingat berjalan, bukan meluncur. pada tahap ini, usahakanlah untuk menjauh dari pegangan. selain untuk menghindarkan sikap manja, melepaskan tangan dari pegangan adalah salah satu cara untuk menjaga keseimbangan.

setelah tahap berjalan telah lancar, cobalah untuk meluncur pelan dengan menjadikan salah satu kaki sebagai patokan dan meluncur bungkuk kedepan sejauh 50 cm dan siagakan tangan di sekitar lutut. saat meluncur, posisi sepatu tidak lurus 90 derajat, tapi agak masuk ke dalam dengan sudut lancip. gerakan ini diseimbangkan dengan posisi satu tangan diarahkan kedepan dan satu kebelakang.

saat senin (01/12/08) kemarin saya baru sampai pada tahap meluncur 30 cm. sementara teman saya yang berbaju merah sudah mahir melintasi meluncur di lapangan karena dia memiliki basic bermain rollerblade.

tanoshikatta, saat waktu sudah menunjukkan pukul 21:00, kami berhenti latihan dan pulang. can't wait for next monday. idul adha sih, kira2 buka nggak ya?

satu hal yang sempat saya perhatikan saat latihan ice skating adalah para pemain yang sudah lebih pintar dan sudah bisa melakukan variasi gerakan meluncur pun tidak luput dari kemungkinan jatuh. hanya para coach saja yang saya lihat tidak pernah jatuh.


ummmm, can't wait for the various movements.

berikut ini dokumentasi2 yang saya ambil saat "nyeketing kemarin."




No comments: